Oleh: Budi Setiawan (1038) 15 tahun yang lalu
Halo salam kenal FN-ers sekalian! Saya salah seorang pengguna kamera Canon EOS 40D, baru beli sekitar bulan Agustus 2008, awal Februari 2009 kemarin, tiba2 penyakit bawaan Canon (A.K.A ERR-99) menjangkiti kamera saya. Setelah baca2 di forum, dan saya udah coba beberapa teknik untuk mendeteksi dimanakah sumber ERR-99 tersebut, saya menemukan bahwa ERR-99 yang diderita kamera saya dengan scenario sebagai berikut: - Kamera digunakan untuk mengambil foto baik2 saja - Karena kamera sudah tidak digunakan, kamera auto power off atau dimatikan - NAH, pada saat kamera dinyalakan kembali dan coba untuk shoot, maka terjadilah ERR-99 - Berhubung udah baca2 forum di fotografer.net, saya cobain untuk melakukan scenario diatas tanpa menggunakan memory card (CF) dan ternyata kamera saya baik2 saja. NB: Saya mencoba dengan 3 CF berbeda, 2 merk transcend 2GB dan 8 GB, 1 merk sandisk extreme III 8 GB. Yang transcend dan sandisk 8 GB kondisi baru. Firmware 1.1.1 Testing lensa juga sudah saya lakukan, selama itu tidak memakai CF maka tidak terjadi ERR-99 Karena udah buntu, saya coba hubungi datascrip, dan mereka menyarankan saya untuk mengirimkan body kamera saya dengan menyertakan fotokopi kartu garansi. Karena saya berdomisili di Surabaya, saya tidak bisa langsung mendatangi datascrip. Sekitar Tanggal 25 Februari saya mengirimkan body kamera saya lengkap dengan kartu garansi dan selembar folio yang isinya menjelaskan permasalahan saya. Saya juga menjelaskan testing yang sudah saya lakukan, dimana ujung permasalahannya pada CF pun sudah saya cantumkan.Tanggal 26 Februari, saya telpon ke datascrip dan mereka menyatakan bahwa mereka sudah menerima body kamera saya, dan membutuhkan waktu 1 minggu untuk antrian pemeriksaan. Setelah satu minggu, saya menghubungi kembali datascrip, dan mereka bilang sedang mengadakan pemeriksaan, dan saya sudah bicara dengan teknisinya mengenai problem tersebut lagi (sebelumnya sudah saya lampirkan dalam paket). Tanggal 12 Maret, saya coba telpon lagi menanyakan kabar kamera saya, dan ternyata mereka bilang kamera saya sudah selesai dan siap untuk dikirimkan. Tanggal 14 kemarin, saya menerima body kamera saya (ati udah kegirangan ini, soalnya bertepatan ama ultah ponakan, jadi rencana-nya mau dipake foto2). TERNYATA oh TERNYATA, ERR-99 masih bersarang dikamera saya.. Dari yang saya baca dari forum2 di FN, datascrip memang membutuhkan waktu untuk servis yang dikarenakan antrian. Tapi mau gimana lagi, kamera masih garansi dan sebagai satu2nya Authorized Distributor n Service, yah terpaksa saya kirim ke datascrip. Memang ongkos kirim dari sub-jkt dan sebaliknya tidak seberapa, tapi yang saya kecewakan itu saya kehilangan moment2 penting karena kamera yang masih belum normal. Apa gunanya kamera dikembalikan tapi belum sembuh? Besok rencana saya akan telpon lagi datascrip untuk menanyakan kejadian ini, yah saya cuman bisa berharap mereka akan memberikan jawaban yang memuaskan. Jujur saja saya kerasa rugi, sebab kalau saya harus kirim lagi ke datascrip dan mengantri lagi, maka ditotal2 garansi kamera saya terbuang 1 bulan karena harus parkir di datascrip. Yah ini cuman sekedar sharing, semoga aja ada pihak dari datascrip yang dapat merespon. Dan ngomong2 apa pernah ada yang mengalami kejadian yang sama? Maaf, jika salah room. Salam, Budi S