Oleh: Alva F.P. Sondakh (9358) 19 tahun yang lalu
Salam.... hari ini Foto Pilihan Editor memuat 4 foto yang didalamnya ada manusia...saya tertarik untuk membuka diskusi tentang 3 diantaranya....berteman garis, Rachmawan Budiarto (4, A) point 161 (so far)Baywatch, Dibyo Gahari (1/750, f/8.0) point 135 (so far)Here Comes the Shine, Rarinda D. Prakarsa (1/125, f/2.8) point 196 (so far)
berteman garis saya tertarik dengan komentar beberapa FNers yang menyebutkan sayang wajahnya gelap.... apakah dengan memakai fill in, akan menambah kekuatan foto?? atau justru dengan wajahnya yang gelap foto ini malah lebih bernilai?? soal selera memang, tapi saya ingin pendapat rekan - rekan... kemudian, pemilihan konversi ke BW dan pengolahannya...ada kritik yang menyampaikan bahwa kontras dari foto ini berlebihan...apakah ini kelemahannya??atau justru kekuatannya?? menurut saya ada dua kemungkinan pengolahan, kontras yang tinggi untuk menonjolkan pengulangan garis - garis (lebih abstrak), atau kontras yang rendah untuk menonjolkan tekstur lantai dan tiang.....apakah ini akan mempengaruhi nilai foto ini ??
Baywatch backlighting?? apa pendapat rekan - rekan....akankah dia lebih menarik kalau keseluruhan badan gadis(??) ini terekspose oleh cahaya, atau permainan shadow dan higlight di tangan menambah pesonanya?? hal yang menarik juga adalah gradasi warna air....ada bagian yang menurut saya tanggung, yaitu bagian warna biru di bagian atas gambar....apakah ini kekuatan atau kelemahannya?? karena ini snapshot...gimana sebaiknya pose gadis ini??....apakah dengan gayanya yang akan mengikat rambut menjadi daya tarik foto ini??? atau sebaiknya menunggu pose yang tepat??
Here Comes the Shine posisi orang dijalan....apakah posisi sudah optimal?? mana yang lebih menarik, orang di tengah jalan, orang yang sudah di ujung terjauh jalan (orang lebih kecil), atau orang di ujung terdekat jalan(orang lebih besar)??...ini menyangkut skala manusia dalam gambar...mana yang akan memberi nilai tambah buat gambar ini??.... dari pengolahan warna (tonal)....apakah dengan desaturate dikit saja akan mempengaruhi kesan yang akan diciptakan?? karena menurut saya sendiri, tonal yang optimal sebaiknya tidak terlalu keras(??) seperti ini...saya lebih cenderung ke light sepia tone....
Oleh: Reza Riantono Sukarno (5717) 19 tahun yang lalu
No comment ah. Menurut saya semuanya bagus, karena saya sendiiri belum bisa bikin photo kayak gitu terutama yang RDP dan garis
Oleh: Heri C., Winale (5653) 19 tahun yang lalu
pada foto "bermain dengan garis", saya sudah komentari foto itu. selebihnya bisa dilacak apa inti point saya di situ.
Oleh: Judhi Prasetyo. (38908) 19 tahun yang lalu
Mas Reza, jika Anda belum bisa membuat foto sebagus itu bukan berarti Anda tidak boleh berkomentar. Toh kita juga terbiasa mengomentari permainan sepak bola, tinju atau bulu tangkis walaupun kita sendiri belum tentu bisa bermain seperti itu? :) Nobody is perfect. Kembali ke foto2 di atas, untuk yang 'Berteman..' saya tidak terlalu memasalahkan wajah. Semua sudah cukup bagus. Kalau mau kontrasnya saja yang dinaikkan untuk mempertegas garis-garis sesuai judulnya. Foto RDP idealnya orang yang lewat memakai baju tradisional seperti simbok-simbol menggendong sesuatu, atau orang bersepeda membawa kayu. Tapi orang biasa seperti itupun cukup untuk memberikan kesan lengang. No comment buat baywatch.
Oleh: Dewi Sukmasari (6268) 19 tahun yang lalu
bagiku foto "berteman..." udah oke banget. aku kira itu foto diri dengan memakai tripod (seperti komentarku)... garis2 itu kuat sekali powernya... komposisinya yang mantap... RDP... tonenya khas sekali... kehadiran manusia di situ mengisi kekosongan yang ada... kalo gak ada manusianya, foto itu tidak berkesan hidup... seolah lukisan belaka... yang "baywatch", aku rada bingung ngomentarinnya... pose interesting sekali (IMHO). garis biru juga bagus untuk memperlihatkan kedalaman air... jadi air lebih berkarakter... backlighting... mungkin si fotografer bahkan gak berfikir ke sana, yang penting momen yang cantik itu bisa direkam... begitulah...
Pak Judhi Maksudnya saya gak berani komentar yang jelek2 :) tapi kenapa ya yang baywatch bagian punggung gak diolah biar rada jelas. kalau kayak yang lama imho kagok ngeliatnya imho panuan kali ya
Oleh: Heru Tjandranata (11165) 19 tahun yang lalu
Menurut saya, kekuatan foto berteman garis, terletak pada irama pengulangan pilar2 dengan permainan pembayangan yang hebat, dengan POI yang sangat didukung oleh pengulangan ini. Perlu mata yang hebat untuk melihat barang2 ginian.
Oleh: Mario Andi Supria (72635) 19 tahun yang lalu
kekuatan foto baywatch ada pada fotografernya yang kuat angin-anginan di pantai selama di Bali setiap hari biar bisa ngintip orang mandi di laut... justru harus FPE biar gak rugi sampe kerokan 3x sehari :D
saya masih menunggu komentar soal skala manusia pada foto RDP... juga permainan shadow dan highlight pada "Baywatch", dan pose yang keliatannya terlalu tergesa - gesa dalam pengambilannya... pada "berteman garis", soal permainan kontras.... anyway, thanx buat yang udah komentar.... saya perlu ingatkan sekali lagi...ini for learning purpose only, jadi sangat diharapkan yang membuat foto juga ikutan memberi komentar....
for learning purpose agar kita - kita yang akan membuat foto serupa, bisa menghasilkan karya yang lebih optimal, atau setidaknya selevel lah...hehehe
Oleh: Ketut Gede Budidarmadi (31484) 19 tahun yang lalu
untuk foto RDP, saya rasa posisi orangnya udah pas banget.. sebab jika terlalu jauh (di ujung jalan nun kejauhan), justru akan tenggelam oleh temaram sekitarnya..padahal justru orang tersebut yg menjadi POI foto tsb (mnrt saya lho..)..
Lain orang lain perangainya, nggak bisa maksain ybs untuk ikut nimbrung, masih bagus nggak komplain fotonya dicomot ke sini :D
Oleh: Dhian Raharjo (11690) 19 tahun yang lalu
foto "berteman..." menurutku kalo pake wide lens atau tele sekalian, hasilnya mungkin lebih dramatis. saya suka distorsi nya lensa lebar :D. kalo pake tele bagian belakang akan lebih blurry dengan ruang yang sempit. cakep deh... mas Alva, ngangkat fotonya jangan banyak2 dong. pelan2 saja, biar pembahasan lebih luas dan mendalam.
hehehe....makasih buat masukannya mas Judhy dan mas Dhian...
Oleh: Indi Soemardjan (7483) 19 tahun yang lalu
memperkuat tulisan mas judhi: nobody is perfect i am a nobody therefore, i am perfect
Oleh: D. Setiadi (81319) 19 tahun yang lalu
Indi : are you perfect nobody ? :O
kak Dhian, kalau pakai wide angle nanti judulnya bukan Berteman Garis tapi Berteman Lengkung :p
Kok yang dibahas FPE aja? :-?
Oleh: Chairul Anwar (10381) 19 tahun yang lalu
Berteman garis: Saya suka dengan komposisi garis-garis dari foto itu, orang yang gelap wajahnya tidak mengurangi kekuatan foto ini. Dalam BW kesannya lebih kuat dibandingkan kalau berwarna. Levelnya udah pas karena kalau terlalu high daerah abu-abunya cenderung hilang. Ini hanya masalah selera yang memandang, yang pasti selera masing2 orang pasti berbeda-2. Here Comes the Shine: Khas Mas RDP. Tone nya cenderung gelap dan bias sinar matahari yang menembus celah2 sempit. Dengan tone yang keras seperti ini justru akan menonjolkan bagian2 yang tercahayai oleh matahari yang nota bene menjadi ciri khas Mas RDP dalam fot-fotonya. Mengenai penempatan obyek, untuk foto ini saya lebih suka konsep standar, agak di bagian pojok kanan bawah. Untuk ukuran tidak jadi masalah, seperti ini juga sudah ok, toh hanya untuk pemanis belaka.
Oleh: Ilias Irawan (57864) 19 tahun yang lalu
Kalo saya pribadi akan berpendapat demikian; Untuk foto "Berteman Garis", Foto BW seperti ini memang menarik, karena menonjolkan permainan shadow dan highlight, dimana kedua hal tersebut memberikan irama pada fotonya seperti lagu yang enak pasti berirama. Soal komposisi foto dengan angle seperti itu, buat saya sudah bagus dan pas. Penempatan orang/model disitu adalah sebagai pemecah aksen dari permainan shadow dan highlight shg tdk nampak boring/bosan dalam memandang foto itu. Dan buat saya kekuatan fotonya ada dipermainan bayangan. Obyek apa pun yang ditaruh disitu tetap akan bagus kecuali obyeknya teralalu kecil tentu tidak sebanding dengan pilar2 nya. Bisa juga dengan merubah anglenya, shg jatuhnya bayang ada pada sudut bawah foto, jadi ambilnya berlawanan dengan sudut pengambilan sekarang, namun posisi obyek orang yg berdiri akan jatuh di daerah shadow (jadi gelap) kecuali diletakkan diantara 2 pilarnya (daerah highlight). Bayangan yg dimulai dari sudut foto akan nampak lebih manis, maybee..... :D Untuk foto "Baywacth", Fotonya memang sederhanan isinya, hanya seorang wanita berbikini dgn latar belakang laut. Action/moment yang ditangkap adalah sedang mengikat rambut, kalo saya sepintas akan berpikir demikian; wah body bagus dan sexy (maaf), habis ikat rambut berarti dia mau berenang ke laut yg dalam jauh kedepan..... Jadi menurut saya angle udah pas adanya Kalo andaikan kata angle dan komposisi yg dipilih adalah memberikan ruang yg cukup banyak pada sisi bawahnya dan mengcrop atas untuk menghilangkan kesan ada laut dalam didepan maka saya sepintas akan berpikir: Wah body bagus dan sexy (maaf) sedang ikat rambut...... dan terhenti sampai disitu fotonya berbicara. Lighting yg ada membuat foto ini lebih hidup saja dan tampak natural....... Kao foto "Here comes The shine"; Fotografer yg membuat fotonya mempunyai ciri khas dengan tekniknya, itu keunggulannya. Sekilas pada saat pertama kali melihat foto ini, mata saya lari ke arah datangnya sinar dengan obyek backlight daun, disitu titik awal yg menarik dibantu dengan arahnya obyek ke orang yg sedang jalan menjadi pelengkap isi fotonya menjadi kuat. Sepintas kalo foto ini tidak diolah, tentunya tidak menarik dan terkesan biasa-biasa saja. Buat saya, foto yg nampak biasa tapi dapat di abadikan shg menjadi menarik bagi orang lain adalah tujuan orang membuat foto bukan? Untuk foto ini berhasil..... Soal obyek orang yg lewat, yah mungkin itu satu2 nya obyek yg pada saat itu. Untuk pemilihan angle dan komposisinya, buat saya sudah maksimal. Timing shutter untuk menentukan letak obyek org yg jalan udah pas, jika kalo agak kedepan malah obyek orangnya akan memiliki kekuatan foto yg sama dgn datangnya sinar shg fotonya focusnya terpecah. Peace dan Salam..... :D
Oleh: masbaz (39152) 19 tahun yang lalu
saya tertarik dengan skala manusia pada "here comes the shine"Nampak bahwa RDP ingin menonjolkan nuansa, bukan elemen tertentu seperti bias sinar, pepohonan, atau orang yang berjalan. And for that purpose, strong sepia yang dia pilih sangat tepat. Saya menyayangkan hilangnya kontras pada dedaunan akubat permainan burning/dodging, tapi foto2 RDP memang selalu berkesan 'misty' dan menghindari detail. Salam...
nah ini kan diskusi yang hidup....thank u all, for sharing your thoughts...