Oleh: Eggy Siagian (8395) 19 tahun yang lalu
sebelumna maaf kalo ternyata udah pernah dibahas, krn saya udah nyari2 di topik dan blm nemu. baru2 ini saya baru belajar menggunakan fim high speed inframerah KODAK HIE. dalam menggunakannya, saya udah menggunakan petunjuk yg dianjurkansekarg giliran tiba mau memprosesnya, yg cukup membuat saya bingung tuh. setelah saya cari2 di berbagai info, sangat dianjurkan utk menggunakan developer d-76 dengan agitasi selama 8.5 menit utk suhu 20* C dan 6 menit utk suhu 24*C dan dengan melakukan 5-7 kali inversion setiap 30 detikyg ingin saya tau nih bagaimana cara memproses film ini dgn menggunakan T-Max development? sejujurnya saya bingung waktu baca petunjuk nya kalo mau menggunakan T-MAX sebagai dev ada yg 1.50D MAX, ada 1.76D Max dan waktunya pun berbeda2.., nah menurut rekan2 nih, dgn rata2 suhu di Jakarta ini waktu agitasi nya berapa lama ya utk suhu 20*C dan 24*C dgn t-max dev? dan seandainya bisa, apakah hasilnya akan semaksimum dgn menggunakan d-76? kalo saya baca dibeberapa pendapat di forum2 lain tidak dianjurkan utk menggunakan T_MAX development, namun siapa tau ada pengalaman rekan2 yg pernah menggunakannya, jd kalo bisa..mohon di sharing..terima kasih. tp blm selesai nih.., yg buat aku saya khawatir lagi adalah bagaimana dgn proses selanjutnya.., menurut KODAK sangat dianjurkan utk menggunakan stopbath, fixer, rinse yg juga merk Kodak. tp yang ku punya kan merk ILFORD, utk stopbath saya menggunakan ilfostop stop bath, fixer: ilford rapid fixer, dan rinse: Ilfotol ilford wetting agent.nah apakah ada rekan2 yang menggunakan produk2 ilford tersebut utk proses selanjutnya setelah development? kalo ada bagaimana cara proses yg biasa rekan2 lakukan? adakah teknik2 dan metode2 khusus yg biasa rekan2 gunakan? dan apakah ada juga trik2 khusus yg biasa rekan2 gunakan utk melakukan wash utk setiap langkah proses?maksudnya saya adlh setelah selesai melakukan development dan sebelum melakukan proses stoping bath saya biasanya me-wash-dgn air ledeng biasa.., yg saya kocok halus kurang lebih selama 15-25 detik, baru memasukkan stoping bath, dan begitu pun selamjutnya sebelum melakukan tiap proses. nah apakah rekan2 mempunyai trik khusus utk proses film2 BW lainnya dan film Kodak HIE ini? begitu aja rekan2, maaf kalo pertanyaan nya membingungkan, soalnya saya sendiri juga bingung gimana nanya nya. dan krn saya ga mau gagal di proses pertama ini, jadi lebih baik kan nanya2 dan cari tau dulu. terima kasih utk waktu dan masukkannya.salam
Oleh: david hermandy (3403) 19 tahun yang lalu
Saya pernah mencoba dengan TMax developer dengan waktu 4.5 menit, hasilnya more grain dibandingkan dengan D-76 dan cenderung terlalu over. Untuk menambah dilution TMax dev atau mengkonversi suhunya saya agak enggan melakukan test dengan film yang mahal ini :) Hasil terbaik rasanya dengan D-76 dilution 1:1, terakhir saya mencoba dengan TMax developer dan water bath, hasilnya cukup memuaskan tapi saya belom bisa mengambil kesimpulan kalo water bath development dan TMax developer cocok untuk HIE. Saran, pake D-76 aja deh, soal temp yang mengharuskan 20ºC, terpaksa harus menggunakan water jacket optimalnya D-76 di 20ºC Dari pengalaman saya, HIE yang over develop atau over exposed susah banget cetaknya :( dan bisa dimasukan ke kategori gagal Proses selanjutnya, stopbath, fixing, clearing, rinse bisa menggunakan brand apa saja, saya pake ilfostop,hypam, ilford wetting agent dan TeTeNal lava quick Yang perlu mendapatkan perhatian masalah tabung proses. Banyak artikel atau tulisan yang menyarankan menggunakan tabung stainless. Alasannya sering terjadi kebocoran pada tabung plastik jika terpaksa menggunakan tabung plastik dianjurkan membungkus tabung proses dengan alumunium foil. Saya pernah beberapa kali menggunakan tabung plastik, dan tidak terjadi kebocoran, mulai dari tabung AP sampai JOBO tidak terjadi kebocoran, saya tidak menggunakan alumunium foil juga, hanya prosesnya saya lakukan malam hari dalam kamar gelap yang saya tutup pintunya dan untuk penerangan saya gunakan lampu TL/neon karena tidak ada sinar IR dari lampu TL/neon. Proses wash dengan plain water setelah developer kemudian stopbath menurut saya tidak efisien karena kita memerlukan stopbath untuk menghentikan reaksi developer dengan seketika. Pada saat di wash dengan air proses developing masih berlanjut, jadi cara itu kurang bahkan tidak efisien, jika alasannya agar larutan stopbath lebih awet, saya rasa tidak terlalu berpengaruh karena larutan stopbath sudah murah banget. Setelah stopbath juga tidak perlu diwash karena stopbath adalah acid dan fixer juga acid [bisa diartikan percuma, hanya membuang air dan waktu] Proses wash hanya saya gunakan setelah fixer dan sebelum Clearing Agent [TeTeNal LavaQuick] proses ini saya lakukan karena kapasitas LavaQuick merosot jauh jika langsung dari fixer tanpa di rinse dulu dengan air, selain itu proses setelah fixer tidak memerlukan waktu yang kritis.
Oleh: Tri Laksmana (7503) 19 tahun yang lalu
Wadhuh kemarin kebetulan saya nemu HIE di kulkas, dan ada tulisannya untuk tidak membuka tabungnya kecuali dalam total darkness. Dasar badung, saya buka aja dan toeeengg.... di dalamnya ada film KODAK HIE dan...negatifnya berwarna kuning euuyyy....setelah itu saya masukin lagi ke tabungnya dan... apa yang terjadi? filmnya masih bisa dipake kan? Apakah saya harus pakai dark jacket untuk masukkin filmnya ke dalam kamera?
Sinar IR bisa menembus lapisan emulsi hingga beberapa lapis, dan katanya juga bisa mantul. Jika terjadi kebocoran, bisa muncul titik-titik putih di negatif [titik hitam di print], itu pun kalo bocor di dark bag... saya belom pernah ngalamin yang separah itu masih bisa dipake atau tidak tergantung seberapa kuat sinar IR yang ada pada saat film itu kebuka