Oleh: Thomas Alessandro (17380) 19 tahun yang lalu
Saya kmaren coba cetak foto 10R di Kodak, Tapi warnanya lumayan jauh berbeda dari layar monitor dan cetak 4R sebelumnya. Setelah saya pelajari, ternyata color management sangat penting. Saya sudah dl profile frontier Fuji, tapi dicoba dibuka di PSCS2 ga keliatan bedanya. Mohon petunjuk dari FNers sekalian, dan gmn FNers mengkalibrasi warna workspace, monitor, dan printer??
Oleh: Andri Irawan, Billitone (72159) 19 tahun yang lalu
Kalo pakenya PSCS2, coba PSCS2 Color Management
Oleh: Nandi Dharma (18821) 19 tahun yang lalu
coba pilih 1 foto yg cukup mewakili berbagai warna untuk dicetak (biasanya di lab fuji ada yg namanya file pct, minta copy an nya) jangan lupa minta jangan dikoreksi warna ( minta opsi no correct ke operatornya) lalu di cek segimana perubahan warna nya, dengan monitor kita , lalu komp kita adjust utk menyamai biasanya perlu beberapa kali coba, sampe ahir nya bisa sama, next time kalo cetak minta no correct , tanpa koreksi , jd hasil sesuai dgn selera kita kalo mau disamain koreksi nya dengan yang 4R,coba cek di belakang fotonya biasanya ada koreksian warna nya ( misal: ANB -1 brarti cyan -1 ,magenta Normal, Yellow -2, dan density -1)
Oleh: Sugeng Riyanto (35956) 19 tahun yang lalu
Topik kalibrasi pernah ada, silakan di periksa. Setuju dg Bung Nandi; kadang2 di PS sama di ACD See juga laen tampak di monitornya. Stlh kalibrasi monitor, cek gbrnya di ACD See, lebih dekat dg true... salam
Oleh: Andrian Purnama T.S. (10973) 19 tahun yang lalu
Yang penting monitornya terkalibrasi dengan benar. Pake spyder atau kalo yang murah ya pake adobe gamma. Fuji frontier profilenya ya cetak di frontier dong mas :) jangan cetak di kodak. PS/ACDsee bisa beda warnanya kalau kamu pake profile selain SRGb ketika mengolah image di PS. ACDsee sama seperti web memakai color profile SRGb
Oleh: Turida Wijaya (14068) 19 tahun yang lalu
Emang seh rada ribet. Gw dulu pernah kerja di Fuji dan Kodak. Minta ICC colour profile nya aja, emang seh gak semua lab mau kasih, cuma lab yang besar dan prof aja mau kasih. Nah, kalo udah ada, waktu mau dikirim tinggal tekan Edit, assign to profile (CS 2) atau Image Mode Assign to Profile (CS) buat ngelihat sejauh mana beda monitor dengan hasilnya. Sebab biasanya kita kerja dengan SRGB colour profile. Dari awal, kudu diketahui kalo, mau nyetak ada 3 komponen dasar. Kamera (digital) ada LCDnya (hampir semua LCD kamera selalu terang 1/2 ampe 1 stop dari aslinya) terus juga mesti ngatur WB disesuaikan sama kondisi pemotretan. Gak selamanya Auto WB bener buat semua kondisi. Monitor Setalah motret, kita bisa koreksi warna, density dan lainnya. Meski sama merk, ukuran dan type monitor kalo ditempatkan pada kondisi pencahayaan yang beda pasti hasilnya beda juga. Kertas Paper Glossy, Doff, atau metalik untuk tiap merk (Kodak, Fuji, Konica dsb) pasti beda juga Colour profilenya. Langkah pertama benerin warna biasanya di adjust Level di PS(density di mesin Frontier atau Noritsu), buka menu Curves di PS, Gunakan tehnik targeting. Cari titik putih dan hitam di suatu gambar.
Oleh: Suyanto, nuno (2729) 19 tahun yang lalu
tunggu dulu pak coba cek dulu color temp monitor anda biasanya set di 6500 k atau sRBG kemudian lampu di rumah anda juga apa color rendernya mendekati day light kalo ga bisa coba anda bandingkan melihat foto didalam ruangan anda dengan di luar? atau di lab itu sendiri minta agar jangan di buka di PS lagi tapi langsung cetak tanpa koreksi, kemudian bandingan penglihatan terhadap foto itu di dalam dengan di luar ruangan lab tersebut. biasanya ada perbedaan karena biasanya lampu penerangan di lab tersebut mungkin sudah tidak daylight jika semua sudah dipastikan oke baru coba2 di color management selamat mencoba
kalo Pa Yanto dah angkat bicara sih, ga mungkin salah the master has spoken :D
wah pak nandi bisa aja :D