Oleh: Sumitro,CHANDRA (578) 18 tahun yang lalu
Bagi yang tidak senang mendengar "Problem" dan "Just want to be happy and shoot picture", ya thread ini di skip saja. Beberapa bulan belakangan ini saya lihat Canon banyak melakukan kesalahan2 pada produk barunya. Sebagai pengguna yang puas dengan produk Canon tapi selalu kritis terhadap sesuatu yang tidak bekerja sesuai yang diharapkan atau dijanjikan Canon, saya merasa perlu membuat thread baru untuk summing up "keteledoran Canon" beberapa bulan belakangan ini. 1. 24-105L IS: Flare Problem. Yang ini sudah diacknowledge Canon dan unit yang faulty sudah direcall dan di fix. BTY, this is a USD 1200 lens. Case Close 2. DPP sebelum versi 2.1: 16 Bit Tiff problem. Sudah di fix juga dengan keluarnya versi 2.1. Not that important and Case Close. 3. Canon EF 70-300 IS USM: Portrait Orientation shooting problem. Ini USD 600 lens dan hampir semua yang punya lensa ini report problem yang sama namun Canon belum mengakui kalau ada "flaw" di designnya. Malah alasan yang diberikan SC kepada yang complain sangat menggelikan. Untuk jelasnya baca disini: http://forums.dpreview.com/forums/readflat.asp?forum=1029&thread=16834532&page=1 4. 580 EX Flash: Flash Head tidak zooming ke widest position kalau dipake di 20D. Ini hanya mempengaruhi 580EX yang diproduksi awal saja. S/N kira kira dibawah 200000. Serial diatas 200000 bekerja dengan baek dengan 20D. Canon belum mengakuinya dan belum ada solusi. Untuk selengkapnya baca disini: http://forums.dpreview.com/forums/readflat.asp?forum=1019&thread=17400288&page=2 http://forums.dpreview.com/forums/read.asp?forum=1019&message=17404024 Yang anehnya yang 580 EX sudah lama begitu belum ada yang sadar akan anomalynya. Kalau begini terus siapa yang bisa yakin dengan EF-S 17-55 F2.8 IS yang harganya USD 1300? atau DSLR atau lensa atau flash baru lainnya. Saran saya kalau ada rencana beli lensa atau flash diatas ya baca2 dulu lah untuk mengerti masalahnya apa. Bagi yang sudah punya boleh check apa unitnya faulty dan kalau faulty ya yang tegas bawa ke SC untuk di fix. Jangan diam diam saja. Datascript dan Interdelta sudah siap siap belum dalam hal ini.
Oleh: Alfred Pawiro (10750) 18 tahun yang lalu
iya nih banyak screw up canon... tapi masih cinta dech ih... huhuhuhuhu... nyok nyok jepret lagi dengan alat2 yg kita sudah punya dan puas dengan apa yg ktia miliki.... hore horeeeee
Paling tidak sudah ada yang di fix sama Canon: http://forums.dpreview.com/forums/readflat.asp?forum=1019&thread=17400288&page=5 Replace 2 PCB? Oh Boy gua mau lihat bagaimana Interdelta handle penggantian PCB. Bisa liburan ke Singapore nih 580EX sementara yang punya hanya bisa di jakarta aja.
Oleh: Igor F Firdauzi (185236) 18 tahun yang lalu
oom Judhi, emang mbak ling-ling punya 17-40 f/4L? :-"
Oleh: Wellington Kuswanto (37404) 18 tahun yang lalu
gak punya tapi bakalan punya segera soalnya igor janji mo warisin 17-40nya bulan depan... thx bgt lo gor... lo emang paling baek...
Oleh: Agung Trijatmiko (1718) 18 tahun yang lalu
Begini, kebetulan pengalaman saya kerja di pabrik yg membuat produk.. Suatu project product sudah punya D/L (deadline) masing2, dan ini tidak boleh sampai terlambat ke pasar karena 'berbahaya'.. Kadang2, para designernya sudah tau bahwa sebelum produk dikeluarkan masih ada beberapa masalah pada produk tsb.. Tapi, problem itu punya classnya, misal A (very danger), B (danger), C, dst.. Nah, ada standard QC/QA yg menyatakan produk belum bisa keluar kalau class problemnya masih A dan B misalnya, tapi kalau tinggal C or D mgk msh bisa keluar ke pasar, dg catatan mereka akan tetap bekerja keras menyelesaikan PR2 mereka utk perbaikan2 thd masalah2 yg msh ada.. Hal ini terjadi juga di pabrik software spt Microsoft.. seringkali mereka mengeluarkan produk yg pertama kali msh banyak bugnya, beberapa lama kemudian baru muncul revisinya.. Itu semua karena berhubungan dg masalah D/L produk yg harus keluar ke pasaran tepat pada waktunya, karena kalau telat dikit aja wah bisa kalah bersaing dg kompetitor.. Kira2 begitulah bunyinya... Hikhiikkss... dilema memang... makanya ada nasehat jgn beli produk yang benar2 baru keluar, belilah yg sudah revisinya...
Update: 580 EX Anomaly sudah ada response "resmi" dari Canon(baca:Chuck Westfall) According to our Camera/Video Service Department, our Factory Service Centers are now prepared to service any 580EX Speedlites that are not zooming correctly with wide-angle lenses when set to the Sensor Size Compensation setting. Please send your 580EX Speedlite to one of our FSCs if you are in need of this service. Best Regards, Chuck Westfall Director/Media dan Customer Relationship Camera Marketing Group/Canon U.S.A., Inc. 580EX gua sudah dua minggu mendekam di Interdelta. Ngak tahu apa Interdelta termasuk "Factory Service Center" ngak. Kalau ngak berarti 580 EX gua bakal lama nih.... mau tahu aja sudah ada yang masukin ke Interdelta ngak ya? Hasilnya gimana? Thanks
Whoaaaa....akhirnya Canon mengakui juga kalau EF 70-300 F4.5-F5.6 memang faulty. Tapi 6 bulan??? Mungkin sekarang sales untuk lensa ini sudah drop kali ya baru mengakui. Padahal range lensa ini, plus ukurannya yang compact, plus harganya yang menjangkau dan IS sangat menarik buat saya tapi sekarang Ngak Lagi. lihat disini
Oleh: P. Andreas (1897) 18 tahun yang lalu
hm commonsense nya sih liat2 dulu baru beli toh. yah setidakna cari tau dulu. saya harap kalian seperti itu hehehe..
Oleh: iing Gunawan, sidoel (27236) 18 tahun yang lalu
sangat setuju sama Ucok, banyak yang suka pamer lensa mahal tapi jarang motret. Kayanya setiap kali canon ada masalah, pasti djaya ngomongnya kalkulator terus ;))
Gua beli 580EX 9 bulan setelah direlease!!! Dan masih dapat yang faulty. Bagi yang 580EXnya faulty dan under warranty cepatan bawa ke SC untuk di fix. Fixnya sendiri termasuk MAJOR, banyak part yang harus direplace termasuk main PCBnya. Yang sudah tidak warranty lagi akan di charge. Ini instruksi langsung dari Canon Singapore. Canon memang malu maluin belakangan ini. Yang jelas jelas faulty kok di charge?
sangat setuju sama Ucok, banyak yang suka pamer lensa mahal tapi jarang motret. Ngak ada hubungannya lagi ih...ini hanya memperjuangkan hak kita sebagai konsumen kalau mendapat produk faulty dan bagaimana Canon rush produk baru ke market tanpa disertai QC yang memadai. Tidak mau mengakui lagi....
Oleh: Eko Oesjadi (625) 18 tahun yang lalu
Check this out: jawaban dari Canon mengenai lensa EF 70-300 IS To Customers Who Use the EF 70-300 f/4-5.6 IS USM Lens: Thank you very much for your patronage of our products. We recently informed you of a phenomenon in which some images captured by the EF 70-300 f/4-5.6 IS USM lens appear in insufficient resolution. This phenomenon may be seen at the edge of the frame at the 300mm setting when the camera is held vertically. We are very sorry for the inconvenience that this phenomenon represents for customers who use this lens and appreciate your understanding and cooperation. Affected Products: We have been studying the symptoms of this phenomenon in order to determine its precise cause and to develop an appropriate remedy. We have now determined the cause and have developed the remedy. This phenomenon affects all EF 70-300 f/4-5.6 IS USM lenses with a "0" or "1" in the third digit of the (8 digit) serial number. Products that have a third digit of "2" or higher in their serial number are not affected. Customer Support: We will make inspections and repairs free of charge for customers who are experiencing this phenomenon, so please contact our call center. In addition, our call center will start accepting inquiries regarding affected products from July 18, 2006. Contact Information for Inquiries Call Center 1-800-828-4040 (toll free) 8AM - Midnight - Monday to Friday 10AM - 8PM - Saturdays Email: [email protected] Kira-kira kapan Datascript juga mulai melakukan repair untuk lensa yang affected?
FYI yang no serie "2" itu belum keluar kok....jadi pada dasarnya semua 70-300 itu faulty kok. 580EX walau sudah diresponse case by case, seperti kasus saya, namun canon tidak mau mengakui 580EX dengan no seri 200000 kebawah itu faulty secara terbuka. Kayaknya cost untuk replace boardnya terlalu gede. Jadi kalau ada yang complain dan masih garansi mereka akan replace gratis, tapi kalau sudah habis masa garansi anda akan di kenakan biaya. Ini sikap resmi Canon untruk 580EX. Untuk sesuatu yang nyata nyata salah design ini sikap Canon sangat memalukan. Kesannya cuci tangan. Ini membuat saya sedikit alergi gatel gatel setiap kali pegang 580EX gua.