Oleh: Dimas Mahardhika (6336) 18 tahun yang lalu
cuman mau cerita uneg2.... moga2 ada tanggapan dari pihak datascript.. 1. kamera eos 300D saya rusak (kerusakan autofokus) yang kalo saya liat2 kayaknya kerusakan standart dari 300D, yang disebabkan bukan oleh pengguna. karena katanya kerusakan ini disebabkan penggunaan Burst, yang seharusnya ga bikin kamera menjadi rusak.. Burst memang salah satu pilihan yang disediakan oleh Canon EOS 300D. jadi kalo ternyata Burst itu menyebabkan rusak, berarti ada di kesalahan produk. yang saya pertanyakan kenapa ga ada recall dari pihak canon untuk hal ini? 2.SPK no . 8540/05(menurut datascript jl. angkasa / SPK 72-1932/05 menurut datascript jl.Dharmawangsa. Atas nama Dimas Mahardhika. tanggal 29/11/2005 laporan pekerjaan tgl. 26-12-05. waktu kerja (mulai) 10.00 - 12.30 (selesai) uraian pekerjaan : AF problem, diafragma lensa tdk bisa diatur, ada noda panjang pd CMOS, Baret tipis pada CMOS, ganti part, test camera OK. TTD Teknisi (30/12/05), TTD Service Manager (3/1/06), TTD service admin(30/12/05) acc pengerjaan a/n Dimas Mahardhika pd tgl 28/12/05 via telp (anne) tanda terima Kwitansi tgl 18 / 01 / 06 .. ada yang merhatiin ga? kalo ada yang aneh..? minta persetujuan saya untuk di service tgl 28 ( itu pun setelah berkali2 saya telp. menanyakan nasib kamera saya ) tapi tgl 26 udah di service. kemudian, setelah pengerjaan yang "hanya" memakan waktu 2 jam 30 menit, tetapi sang service manager baru tanda tangan setelah 8 hari barang selesai di service... bahkan service admin pun baru tanda tangan setelah 4 hari kamera selesai di service. 3. sekarang, setelah kamera saya terima pada tanggal 18 januari 06, ternyata ada terjadi keanehan pada kamera saya ( hal in ibaru saya sadari setelah sampe rumah dan kamera saya test. karena pada saat menerima kamera di Ruko Dharmawangsa, kamera dalam keadaan tidak ada batre.) AF menjadi sangat lelet... sangat lambat bekerja.. bahkan kadang2 kalo sedang zoom penuh ( saya pake lens kit 18-55 ) fokus hanya maju mundur tetapi tetep susah untuk fokus... bila saya fokus di range tengah... dia bisa fokus... tetapi setelah saya zoom.. ternyata masih terlihat tidak fokus... saya coba fokus di zoom full, lagi2 tetep maju mundur doang... 3. terdapat lebel garansi pada kamera saya yang tertanggal 30 Desember 05 !! padahal garansi berlaku hanya 30 hari. sedangkan saya menerima kamera baru pada tanggal 18 Januari 06. itu pun setelah saya berkali2 telp karena sempat diundur karna katanya ga ada yang mengantarkan ke Dharmawangsa. ( emang ga bisa gaji sopir lebih dari 1 ya ? ). pemegang Tunggal Canon di INDONESIA lho?! kemana hak garansi saya selama 18 Hari? dan sekarang kamera saya ternyata masih ada terdapat kekurangan. apa DATASCRIPT tidak memperhitungkan kerugian yang saya terima karna hasil service yang lama ini? saya ga bisa nerima order pemotretan selama lebih dari 2 bulan untuk kerusakan STANDAR dari 300D. saya bilang STANDAR karena memang tidak hanya saya yang mengalami hal ini. dan karena ada kerusakan lagi pada kamera saya ini ( yang garansi nya sudah berkurang 18 hari ), apa saya musti menunggu lagi selama 2 BULAN lagi untuk hal ini? jadi saya tidak mendapat pemasukan lagi selama 4 bulan yang bukan karena kesalahan saya.
kalo ngeliat dari kerja teknisi kayaknya bener kok.. mereka kerja 2 1/2 jam doang waktu punya gw... tapi birokrasi lainnya bertele2 banget....
Oleh: Victor Nicholas Sitorus (21195) 18 tahun yang lalu
Datascript itu negara atau perusahaan sih. gue juga akhirnya beli 20d, wuih, agak nekat juga sih. Berarti Pihak DS dipenuhi orang2 amatir, yang taunya cuma ngejar target penjualn doang tanpa mikirin gimana melayani pelanggan. Siapa tau ada dari pihak DS yang baca ini. ini saya kasih judul buku yang bagus gimana caranya memuaskan konsumen... Judulnya "RELATIONSHIP MARKETING"
Oleh: Valdy Prawhesmara (21899) 18 tahun yang lalu
Maybe... yah, paling gak, dengan banyaknya masukan seperti ini, mereka sadar dan berusaha memperbaiki Udah tau gt, kenapa gak train lebih banyak orang buat handle DSLR ya?
Oleh: Erwinsyah (4) 18 tahun yang lalu
iya pa, masukin ke kompas aja, saya dukung
Oleh: Usan Gui (333) 18 tahun yang lalu
Temen ku bersihin sensor 20D perlu 2 minggu, tapi yang parahnya setelah di bersihin fokus di viewfindernya lari, kalo di intip ga fokus tp hasil fotonya fokus, uda di cek bkn masalah diopter,balikin lagi perlu 2 minggu lg....parah juga ya...
Oleh: Sumitro,CHANDRA (578) 18 tahun yang lalu
Dari cerita rekan rekan disini kelihatannya 3 minggu adalah waktu standar sejak kamera dimasukkan ke service s/d kamera benar benar ditangan tehnisi datascript. Pertanyaannya WHY 3 minggu? Padahal kerusakannya sudah diketahui dan tidak ada penggantian sparepart? Kemarin saya juga mengalami hal yang sama waktu service 20D. Sedikit emosi mengetahui setelah 3 minggu ternyata belum ditangani. Akhirnya saya ditawarin 350D pengganti, tapi seminggu kemudian sebelum 350Dnya disiapkan 20D saya sudah selesai. Ini yang perlu diperbaiki terutama untuk camera EOS. Soalnya kan kamera ini boleh dibilang mahal dan banyak yang dipake untuk cari duit. 3 minggu baru ditangani itu kan terlalu lama. Saran saya, kalau mau masukin Camera EOS (300D, 350D, 10D, 20D) sebaiknya minta BACKUP camera pengganti. Datascript bisa kok menyediakan kamera pengganti selama EOS anda dikerjakan. jangan lupa telpon dan bicara dengan teknisinya langsung paling tidak setiap minggu untuk mengingatkan. Mengenai Customer Service di Indo pada umumnya, YA memang rata rata masih dibawah standar. Interdelta misalnya yang sudah lama menangani Lensa Canon pun servicenya disini belum bisa menangani masalah yang serius dengan lensa. Harus dikirim ke SC di Singapore. Ini yang saya dengar dari tehnisinya Interdelta sendiri waktu saya complain 17-40L yang AFnya ngak konsistent di jarak sekitar jarak minimumnya. Kalau dist local Tamron gimana ya? Ada yang punya pengalaman dengan SC localnya menangani Back Focus yang sering terjadi di 28-75XR Di? Sigma? atau Lensa Canon versi Datascript? Pingin tahu saja pengalamannya. Atau ngak usah ambil pusing beli yang black market aja..Kalau rusak tinggal balikin ke Toko dan dikirim balik ke jepang.
Oleh: Gunawan SM. (200) 18 tahun yang lalu
Pelayanan Datascript memang payah... masak customer harus ribut-ribut dulu seperti ini baru dilayani dengan baik??? Capek dan kesalnya customer itu tidak bisa dinilai dengan uang !!! Keluhan mengenai Datascript seperti ini sejak lama, coba lihat di sini: http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.php?TopicID=4720
Oleh: M Ciptaning Sihhono (38) 18 tahun yang lalu
1 bulan lalu saya mengirim A510 ke datascrip karena CCD-nya kotor dan LCD yang kena 'dead-pixel'...tapi setelah saya terima kembali ternyata CCD-nya masih tetap kotor dan LCD tetap tidak diganti...saya sudah komplain ke datascrip lewat e-mail+telepon jg tidak tanggapi..wah payah sekali datascrip untuk masalah servis..maunya cuma jual barang thok..
Oleh: I Gede Mangku Antero Jaya (16412) 18 tahun yang lalu
wew... so bad yupz... klo soal service yang lebih baik mungkin bisa dibantu dgn pindah agama kali yupz... [no brandwar yupz] peace peace peace... damai untuk semua...
Oleh: Prasetyo Otty (8931) 18 tahun yang lalu
wah banyak horor story, itu yg bikin sy email lsg ke canon sgp krn mau cari mounting EFS (mounting nya aja) soalnya punya sy kepentok jadi bikin error trus alih2 email di reply malah di tlp org datascrip, lsg sama teknisi nya dan ternyata bisa beli spare part nya aja (malah sy minta baut extra 1 - karena semangat buka malah masalah tu baut). pas dateng .... heran ya.... MBAK NYA malah bilang ngak ada nih pak, ga dijual ! impresi 1 nya emang kayaknya payah nih........belom tanya apa2 udah gitu......trus sy bilang uda kontak sama pak p bla bla bla Akhirnya ok juga krn pak p nya turun nemuin sy......makasi buat pak p ........ service nya memuaskan
Oleh: Zairil Hakim, ST MT CCNA (147) 18 tahun yang lalu
wah jadi ragu2 neh beli CANON..apalagi servis centernya cuma di handle DATASCRIP [gak pake t dibelang]. masa kalo ada kerusakan langsung ke sngapur, kan gak lucu...apa-apa ke sgpur. mikir2 lagi deh.. yuk ya yuuuuk ngelirik yg lain.
Oleh: Jance Irawan (3482) 18 tahun yang lalu
Wah sepertinya ngak sreg kalo hanya complain aja yg masuk.Saya punya 2 kali pengalaman di datascrip.Yg pertama,lagi jaman 10D baru2nya, cmos saya kotor, minta dibersihin eh malah digantiin ama cmos yg baru stlh bbrp hr kemudian (ini pengalaman yg krg baik).Nah yg satu lg, baru2ini, pintu memory ixus sy ada yg patah, trus saya dateng ke datascrip d angkasa pagi2 pas br buka, thanks to Mba yg nrima,katanya bisa ditunggu,40mt beres, biaya 30rb+PPn, tidak charge jasa ;) (yg ini pengalaman baiknya)
ada pengalaman baru dari temen nih. Kebetulan sensor 20dnya kotor, dan mau di service di DS. Tapi waktu itu gue bilang mendingan ketempat lain aja, toh cuma bersihin cmos doang. Takutnya nanti bisa lama. Terlebih lagi banyak yang dapat kasus seperti yang tertulis di forum ini. tapi dia tetep bersikeras ke DS, karena dia sudah telpon ke pak "P", dan beliau mengatakan kalau bersihin CMOS ngga sampai 15 menit. Sesampainya disana, dia berhadapan dengan mba2 penerima servis, dan dengan indahnya mba itu, bilang lamanya bersihin CMOS butuh waktu 2 minggu. gila kan. tapi temen saya ngotot kalau dia sudah bilang sama Pak P seperti diatas. baru kemudian si mbak itu menelpon pak P, dan Pak P langsung membenarkan pernyataan teman saya itu. dan CMOSnya di bersihin dalam waktu kurang lebih satu jam. lucukan, bisa jadi si mbanya itu, memang males dan asal ngomong aja. Yang penting terima service, tinggal bilang kata sakti : tunggu 2 minggu ya. dan bila itu bener, hebat banget karyawannya DS ya. Memang untungnya Pak "P" lagi ada ditempat, coba kalau kebetulan dia keluar. wuih, bisa 2 minggu tuh bersihin CMOS doang. Mbok di beresin dong kinerjanya.