Oleh: Fehmiu Roffy Tavare (16427) 18 tahun yang lalu
Saya inget obrolan saya dengan senior saya tentang kamera digital. Memang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IT. Tapi yang menarik dari obrolan itu, masalah continues shooter. Khususnya bagi pewarta foto. Disatu sisi, fotografer ingin menghasilkan momen dan gambar terbaik dengan terus menekan shooter. Beliau bilang, kalau fotografer top itu seperti Sniper...One Shot One Kill....Bukan seperti Rambo yang bisa membunuh tapi pake pake senjata Otomatis. Komentar beliau.... Kalo itu namanya EDITOR, Pi. Bukan Fotografer (mungkin maksudnya fotografer tulen). Jadi main tembak saja sebanyak mungkin. Setelah itu tinggal di edit. Yang bagus diambil, yang jelek di DEL. Abis perkara. Lantas, pewarta foto profesional itu bagaimana? Apa ada rasa bangga bila hasil jepretannya bagus tapi dengan serentetan tembakan seperti RAMBO atau seperti SNIPER?
Oleh: Jusuf Arief (13193) 18 tahun yang lalu
lebih bangga kalo model Rambo, dan setiap satu peluru/shot dapet satu.. :D
Itu namanya editor foto donk Mas Arief..h.e.he.h.e.. Atau mungkin kalo fotografernya tu RAMBO, trus EDITOR tuh Snipernya yah....Tapi konteks saya di sini. Kalo Motret pake snpi otomatis, semua jg bisa yah.Ntar tinggal di DEL. Tapi kalo One Shoot One Kill....Mungkin tukang potonya ga Pede..he.he.h....e
Oleh: Gede A. Setiawan, GAS (33721) 18 tahun yang lalu
Kan teknologi yg menjadikannya kayak gitu. Digital membuat segalanya lebih mudah, yah (barangkali) kita juga gak usah susah2 lah :) :) Dulu jaman film, ya karena mahal jadinya mikir bgt kalo mau shot 1 moment sekalipun... Ah auk ah... saya juga masih jadi RAMBO terus nih lom bisa jadi OSOK :))
He.he.he...Mas Gede... Saya jg pengen jadi RAMBO, tp masih pake analog tuh. Bukannya apa, tp mang ga punya. Mo brondong peluru juga masih mikir-mikir. Film sekarang mahal yah... One Shoot One Kill maksud saya tentu bukan hanya satu kali jepret. Taruhlah 2-3 frame.Kalo satu kali...Ada ga ya, wartawan yg berani? Saya juga bukan tipe yg One Shoot One Kill...maklum, baru belajar jadi tukang fotonya olahraga. Masih pake manual..??!! he.he.he...
Oleh: Anton Wijaya (15238) 18 tahun yang lalu
One shoot One kill, kalo gaya rambo plus braket lagi 1000 foto ambil satu semua bisa tuh (org jepang 200 ambil 1- katanya udah hebat)
Oleh: Darius Manihuruk (51305) 18 tahun yang lalu
sesuaiin aja lha kebutuhan pemotretan dan perkembangan teknologi.....siapa tahu nantinya tahun 2020 atau tahun kapanlha... dmana mungkin tercipta spt web camera yg terpasang d segala sudut, sisi ,ruang , yg bisa merekam atau memotret segala aktifitas manusia, mungkin malah jd ga ada lagi yg namanya fotografer tapi yg ada malah operator kamera....who knows!!!buktinya skrg motret dr satelite aja ud bisa...tinggal menu continuesnya aja kale blm ada he..he...he...(jadi lha diri sendiri)
Oleh: Haryanto R (6495) 18 tahun yang lalu
coba pake large format de mas, kl ga one shoot one kill, bangkrut ;))
Oleh: Dian Rosita (2450) 18 tahun yang lalu
kalo gw one shoot but nobody kill, kan saya cinta damai.. ;))
Oleh: Yadi Yasin (116383) 18 tahun yang lalu
kak hary.. jadi belom ganti ke Mamiya ZD ya.. biar bisa brondong pake med format ;))
belum kak Yadi, nunggu lungsuran 17-55dx duluw ;))
Oleh: Heru Lesmana Syafei,togol (3184) 18 tahun yang lalu
ada yang bilang kalau fotografer yang baik itu yang menghabiskan sebanyak mungkin frame untuk menemukan satu foto andalannya. :| maap, saya lupa baca/dengar dari mana.
Oleh: arie basuki (19516) 18 tahun yang lalu
yah tergantung sikon....klo misalnya berhadapan dengan momen pengejaran tokoh yang kontroversial dengan pengawalan ketat ditambah banyaknya fotografer or kameramen yang meliput yah pake continous ...juga dengan moment olah raga...yah klo hanya garap feature or essay or yang slow news baru pake prinsip one shoot one shooter ...gitu aja repot2
Oleh: Akbar Nugroho (8290) 18 tahun yang lalu
wah pengertiannya salah BESAR... EDITOR : orang yang ngedit foto FOTOGRAFER : orang yang jepret kamera kalo ga percaya coba deh cari di kamus besar bahasa Indonesia.....
Mas Akbar, mungkin maksud saya bukan arti baku dari kamus besar bahasa Indonesia. Yah, saya salah nulis kalo dilihat dari arti perkata. Maaf.. Seperti cerita saya dan senior saya itu... Editor kan tukang edit foto..betul. Jadi maksud saya, kalo fotografer main berondong shooter seperti RAMBO, lantas dia memilih yang terbaik dari puluhan gambar yg dia shoot, apa bedanya sama tukang edit? iya kan? Kalo EDITOR, tentu dia akan memilih foto yang terbaik dari sekian banyak foto yang baik. Arie Basuki, Thx. masukan yg bagus. Harus sesuai sikon. Apalagi foto olahraga.Tentu tidak hanya dengan satu dua kali foto. TAPI, bukankah sang fotografer juga harus paham dan jeli tentang kebiasaan orang yg akan di foto. Misalnya, saya motret tenis. Bukan karena tugas motret even itu. Lantas main foto petenis top. Tapi kita kan harus tau kebiasaan dia apa. Ciri khasnya apa waktu main tenis. Mungkin serve-nya mungkin pukulannya, atau mungkin emosinya. Lihatnya ay dari Tele yang saya bawa. Kalo main berondong, taruhlah kita menghasilkan 100 jepretan dari satu objek selama pertandingan, lantas tinggal EDIT -DEL. Cari foto yang terbaik. SAVE. Bedanya ma tukang Foto apa Donk? Buat rekan-rekan lain. Mungkin topik saya ini hanya sebatas opini rekan-rekan mengenai hal itu. Antara Fotografer dan Editor Foto. Mungkin bisa jadi bahan renungan, Benarkah Saya seorang Fotografer?Jadi bukan ttg teknologi yang memungkinkan untuk itu. atau punya-tidaknya kamera digital.Gitu...hihihii...
Oleh: Andika Betha Adikrishna (2996) 18 tahun yang lalu
:( Sering nyesel karena kehilangan momen tapi pake continuous juga takut shutter jebol. Wah, netral aja deh!
Oleh: Arief Azrul Amar, Riefa (28515) 18 tahun yang lalu
udah pernah nonton WARPHOTOGRAPHER nya James Natchwey blom??? dia itu kalok pergi cari foto nggak tanggung2 bawa rol negatif banyak banget.... Sama aja bawa digital kok, dipilihin satu-satu, mana yang paling bagus menurut dia yah dicetak. padahal cuman beda detail doang, mungkin cuman beda yang satu kepalanya noleh kanan,-yang satu kepalanya noleh kiri. itupun dipilih lagi padahal sepintas sama saja jika kita perhatikan. Kalok saya cenderung melihat sikon mas... kalok suasanannya mendukung, dan langka, sebisa mungkin berondong tembakan, walopun pake film dengan kompensasi (hiks :D :D kayak BBM ajah) bawa rol cadangan kalok ngeliput demo2 yang scopenya besar. Jepret, kokang (hehehe :D :D pake kokang dulu-udah nggak jaman) trus jepret lagi.... Dan kalok cuman ngeliput biasa, sebisa mungkin saya hemat filem, karena filem mahal :( .... Bagaimanapun juga semua tergantung situasi dan kondisi. Walopun berondong tambakan tapi dari pemilihan itu ada satu aja hasilnya yang memuaskan, dalam hati kita merasa puas...:D :D :D .... Wah, sekian uneg2 saya.... Regards Rieva
Oleh: Tomi Haryadi (255) 18 tahun yang lalu
Dulu sih saya all digital (D100 punya kantor dan D70 punya pribadi) sekarang saya beralih.. yang kantor tetap dipake motret dan yang punya pribadi ganti jadi kamera completly manual (FM10) tujuannya selain untuk lebih mengasah naluri juga supaya bisa One Shot One Great Picture
Oleh: Judhi Prasetyo. (38908) 18 tahun yang lalu
Penjelasan Rieva sangat jelas. Untuk fotografer profesional dan media yang punya reputasi tinggi tentu ingin menampilkan foto dengan momen yang sebagus mungkin.
Jadi, naluri fotografer ternyata hanya sebatas 'tukang foto' doank yah? Soale, mungkin, berdasarkan opini yg saya lihat...kebanyakan sangat berbakat menjadi editor foto dehh...he.he.he... Tapi ga papa, cuma opini. Toh saya juga belum seberapa dibanding temen-temen yg ada di FN. Thx banget Opininya...
Oleh: Rimba Mahardika (3935) 18 tahun yang lalu
Editor apa dulu nih Boss!? Kalau di media massa cetak, editor terbagi dua. Editor artikel dan editor foto. Biasanya jabatan editor foto diberikan kepada seorang fotografer senior atau fotografer yang dinilai oleh media itu paling baik hasil foto-fotonya diantara fotografer-fotografer yang ada di media itu. Tugasnya selain memotret, seorang editor foto juga memilih foto-foto dari fotografer-fotografer (bawahannya) yang paling baik untuk dimuat/diedarkan/dipublikasikan di media itu. Jika urusan olah digitalnya, biasanya diteruskan ke divisi lay out atau grafis. Wah.., jadi so you know nih saya!? Tapi biasanya sih memang seperti itu detilnya..
Editor Milih Foto dari sekian banyak foto (RAMBO) Fotografer bikin Fotonya (SNIPER) Lha, sampean masuk mana? Kalau fotografernya seperti RAMBO? ya sama juga editor Foto donk. Poin saya di sini bukan seberapa hebatnya seorang fotografer yang hanya bisa dengan 1-2 jepretan dan menghasilkan karya master.Entah itu pewarta foto atau fotografer pada umumnya. Entah itu dalam suasana liputan ekstrem atau sekedar essai foto. Global saja. Jadi kalau ada yang (mungkin) meremehkan Mr SNIPER, berarti gimana fotografer jaman behula?? Mereka kan rata-rata SNIPER semua. Coba tanya deh, wartawan foto senior tempo dulu. Apa iya mereka juga berondong film untuk satu liputan? Sekarang ada Digital? Bret-bret-bret..jadi 20 frame ...Lantas tinggal pilih mana foto yang pualing bagus dari 20 frame itu. SAVE...selebihnya...DEL saja. Lha....sama kan dengan Editor foto...???
Oleh: Andry Jivanta, Kucing Garong (1241) 18 tahun yang lalu
Sorry nih... Saya sih bukan jurnalis atau jagoan photographer.... Tapi rasanya, Jurnalis foto itu gabungan antara Mr. Sniper dan Mr. Rambo deh. Mereka harus punya insting peka untuk merasakan moment yang punya nilai berita tinggi seperti Mr. Sniper tahu dimana n kapan moment itu akan muncul, punya reaksi yang sangat cepat namun tetap tenang. Dan thank's to technology, Kamera bisa dipakai dengan mode Burst of Fire seperti senapan mesin serbu punya Mr. Rambo. Kalau terlalu memakai pemahaman murninya, Mr. Sniper itu Papparazi dong.
Oleh: Sulton Yohana (2814) 18 tahun yang lalu
Oh ya, kebetulan beberapa pekan lalu saya ditugasi meliput kunjungan Wapres JK di Batam. Saya yang pewarta tulis iseng-iseng bawa kamera. Sayangnya, (semula) fotografer lokal tidak diberi kesempatan menjepret JK. Kesempatan yang diberikan, hanya ketika JK keluar dari mobil R2 dan berjalan menuju ruang pertemuan. Praktis hanya punya waktu setengah menit. Ah... pingin tahu seperti apa sih jadi fotografer. Menyatulah saya dengan rekan-rekan fotografer yang berkerumun di kanan-kiri koridor. Untungnya, tubuh saya yang kurus kering (hihi... dengan tinggi kira-kira 167 dan berat saya cuma 42, bisa dibayangkan deh kurusnya saya) berhasil menyusup di antara selangkangan rekan hingga berada di posisi paling depan. Ancang-ancang ambil posisi paling tepat, dls. Dalam hati, taruhan deh, saya pasti dapat momen paling bagus... Begitu JK keluar, berjalan, melambaikan tangan sembari tersenyum ala Wapres Kelikdi Republik BBM, spontan Paspampres bergerakan di antara kanan-kiri JK (nggak tahu, waktu itu kenapa begitu ketatnya penjagaan JK. SBY aja waktu ke Batam asyik-asyik saja). Saya yang sudah memperkirakan semua kemungkinan dengan kamera sudah menghadang, hanya bisa teriak juanc*******K. Eh... sepanjang JK berjalan, Paspanpres terus menghalang JK. Alhasil, ada yang cuma kena wajah JK, perut JK, kaki JK, .... Begitu juga rekan-rekan fotografer (lokal). Semaunya pada saling umpat-umpatan. Bung Fehmiu, kalau sudah begini, mungkin tak perlu lagi ada perdebatan mana Mr Sniper mana Mr Rambo. Yang jelas, semuanya tergantung dengan situasi dan kondisi. Juga Keberuntungan. Kalau Bung Fehmiu melihat-lihat foto-foto lama yg bagus di majalah-majalan jaman behula, mungkin yang terpilih adalah memang foto terbagus. Segepok foto lainnya yang jelek, nggak kepake. Salam
Jadi, mungkin... POLA kerjanya Editor Foto,Tapi KERJANYA pewarta foto ya.. Saya tidak mempermasalahkan Fotografer atau Editor Foto, karena toh kedua profesi itu juga membutuhkan skill foto yang baik. Saya juga tidak memperdebatkan keduanya. Editor Foto kan beranjak dari pewarta foto juga. Sang FOTOGRAFER boleh bangga dengan hasil jepretannya. SEdangkan EDITOR FOTO boleh bangga dengan FOTO YANG DITAMPILKAN yang notabene atas dasar pertimbangan dia juga hingga fto tersebut layak tampil di media cetak. Kalo boleh saya simpul, Mungkin Mr Rambo dengan DIGITALNYA memberondong serentetan gambar (berdasarkan situasi) dan memilih yang terbaik dari hasil jepretannya itu untuk diserahkan ke Editor.Positifnya, dia akan mendapatkan hasil yang terbaik dari yang paling baik. Negatifnya,tuntutan pekerjaan. Jadi penjiwaan foto berkurang, karena didesak untuk mengambil foto yang dimaksud. Sedangkan Mr SNIPER, yang sama-sama menggunakan DIGITAL, mungkin lebih (sabar) cermat karena dia tidak mau menghabiskan sejumlah peluru untuk hasil yang sia-sia(asal jepret, yang penting dapat gambarnya dulu, nanti tinggal pilih).Mungkin dia lebih menjiwai perannya sebagai FOTOGRAFER, bukan EDITOR FOTO. SEperti pengalaman Mas Sultan, tentu melihat situasinya karena tuntutan pekerjaan beliau.Kalau memakai taktik Mr SNIPER, tentu akan berpikir dulu sebelum menembakkan pelurunya. Mencari tempat yang strategis,diam-diam, lalu jepret..!Memang tidak mudah. Toh saya juga masih belajar. Ini hanya sebatas wacana saja. Balik ke Rambo dan Mr Sniper... Meski keduanya penembak sejati, tapi apa iya, ada kebanggaan hasil dari tembakannya itu? Rambo boleh bangga karena 'sang korban' berhasil tewas ditangannya walau memakan korban-korban lainnya.Sementara Mr Sniper diam-diam dengan satu tembakan saja?